Virtual Reality

Minggu, 03 April 2016

Virtual Reality




Virtual reality atau biasa disingkat “VR” adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Mungkin penjelasan tadi masih agak membingugkan. Jadi dengan bahasa yang santai, VR itu adalah teknologi dimana kita dapat bisa masuk pada sebuah realita atau kenyataan yang dibuat virtual. Contoh nya kita ingin menaiki sebuah roller coaster. Maka dengan teknologi VR ini kita bisa seakan akan berada pada sebuah roller coaster, kita duduk dan melihat pergerakan yang persis dengan roller coaster yang asli. Dan juga ditambah dengan efek suara yang semakin membuat kita benar-benar berada di roller coaster ini.
Mungkin saat ini tekonolagi VR lebih banyak digunakan untuk hiburan semata, seperti game dan simulasi. Sudah ada beberapa yang membuat untuk game menggunakan teknologi VR ini agar pemain bisa merasakan sensasi yang berbeda daripada hanya bermain dan melihat ke tv. Bahkan salah satu console game keluar Jepang, yaitu PlayStation akan mengeluarkan console baru mereka yang menggunakan teknologi ini. Nama console ini adalah PlayStation VR. Yang merupakan saingan dari Oculus Rift yang dibuat oleh Oculus VR. Bahkan Samsung pun membuat alat untuk merasakan sensasi VR dengan nama Samsung Gear VR.

0 komentar :

Posting Komentar