Sejarah Smart Watch dari Mas ke Masa

Selasa, 03 Mei 2016

Sejarah Smart Watch dari Mas ke Masa


Wearable computer alias perangkat komputasi yang bisa dipakai adalah tren terbaru di dunia komputasi. Salah satunya yaitu smartwatch atau jam cerdas.

Sudah banyak smarthwatch telah hadir meramaikan pasar. Nama-nama seperti Apple, Samsung, LG, Sony, Asus, dan Motorola tidak mau ketinggalan mengenalkan jam cerdasnya.

Jika menengok sejarah smartwatch, sebetulnya perangkat ini bukanlah inovasi yang benar-benar baru. Perjalanan sejarah membawa kita ke tahun 1978 ketika Citizen pertama kalinya mengeluarkan jam digital dengan feature kalkulator. Disusul oleh Casio dengan jam kalkulator layar sentuhnya serta Seiko dengan jam berprosesor.

Tentu saja, fungsi-fungsi yang ditawarkan smartwatch zaman dahulu belumlah sementereng saat ini. Kala itu, jam yang dilengkapi kalkulator dan mini organizer saja sudah dianggap cerdas. Seiring waktu berjalan, fungsionalitas yang lebih modern seperti GPS, pemutar musik, dan Wi-Fi mulai dibenamkan

Yang harus menjadi catatan, performas smartwatch selama ini tidaklah diwarnai kegemilangan. Bisa dibilang, belum ada smartwatch yang benar-benar menjadi produk massal dan populer dipakai masyarakat. Kendalanya beragam, antara lain daya tahan baterai dan penggunaan yang kurang praktis.

Kendati demikian, era kini sudah berubah. Konsumen tampaknya lebih siap dalam menerima perangkat portabel yang mudah dibawa ke mana-mana seperti wearable computer. Lihat saja komputer tablet. Sudah sejak era  1990-an.

Citizen Scientific Calculator Watch (1978)

Menurut situs Pocketcalculatorshow, jam digital buatan Citizen ini dijuluki "master of nerd watches". Layar LCD-nya menampilkan dua baris. Baris pertama menunjukan waktu, baris ke dua untuk melakukan proses perhitungan, pengguna bisa menekan s40 tombol yang ada disekeliling jam.

Seiko Data-2000 (1983)

Jam digital Seiko ini menarik karena dilengkapi docking yang berisi memori penyimpanan data. Tidak main-main, docking ini dibuat menyerupai keyboard QWERTY dan numerik yang memudahkan pengguna dalam mengetik dan memasukkan data.
elah
Casio AT-550 (1984)

Dari tampak luar, casio AT-550 tidak banyak berbeda dengan jam lainnya. Penunjuk waktunya pun masih analog. Tapi, jam ini sudah memliki fungsi kalkulator.

Timex Data Link (1994)

Disebut sebagai jam pertama yang bisa mengunduh data dari komputer, Timexx Data Link diproduksi bersama Microsoft sebagai alternatif dari PDA yang mulai populer kala itu. Model yang tersedia dapat menyimpan hingga 150 nomor telpon. Jam ini pun digunakan oleh astronot NASA dalam misi luar angkasa.

Samsung SPH-WP10 (1999)

Percobaan pertama Samsung membuat smartwatch yang tidak berjalan mulus karena harganya yang terlalu mahal. Tapi, jam ini menarik karena menggabungkan fungsi jam dan ponsel ke dalam suatu perangkat. Layar LCD-nya pun sudah berwarn. Satu dekade kemudian, Samsung kembali merilis smartwatch s9110 yang juga tidak sukses secara komersial.

IBM Linux (2000)

Pada tahun 2000, IBM membuat prototype jam yang berjalan di atas platform Linux. Tujuannya untuk berkomunikasi dengan PC melalui koneksi bluetooth. Dengan daya tahan baterai enam jam, jam ini membuat memori 8mb.

Fossil Wrist PDA (2003)

Tahun 2000-an adalah masanya PDA. Tren tersebut diikuti Fossil dengan melahirkan Fossil Wrist PDA, jam monokrom yang juga berfungsi sebagai PDA. Ada feature kalender, to-do list, dan memopad di dalamnya. Pada generasi selanjutnya, jam ini telah dilengkapi sistem operasi PalmOS dan mampu menjalankan aplikasi-aplikasi sederhana.

Microsoft SPOT (2006)

Microsoft menjajal peruntungan di arena smartwatch dengen menciptakan jam SPOT yang tidak hanya menampilkan waktu, tapi juga informasi seperti ramalan cuaca dan berita terbaru. Semua ini diperoleh dari sinyal radio FM yang diterima SPOT.

LG GD910 (2009)

Jam cerdas besutan LG dengan kayar sentuh 1,43 inci ini memiliki fungsi voice recognition dan text-to-speech. Tidak hanya itu, jam pintar ini dapat menjalankan fungsi telepon dengan jaringan 3G serta video call berkat kamera 0,3MP-nya.

Sony SmartWatch (2012)

Generasi pertama Sony SmartWatch yang dapat terhubung dengan ponsel Android merek apa pun. Walhasil, jam ini bisa menampilkan feed dari Twitter, SMS, e-mail, dan juga musik.

Pebble (2012)

Pebble menjadi buah bibir karena startup kecil kali ini berhasil mengumpulkan dan dari 68 anggota situs Kickstarter. Produk besutannya yaitu jam cerdas yang dapat tersambung dengan Andiod dan iPhone melalui Bluetooth.

0 komentar :

Posting Komentar